Home » » untitled

Online News

SERENTAK MENGABDI: STISA SASAR SEKTOR PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA MELALUI KEGIATAN KKN

 


Pamekasan, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat ditambah Dakwah Islamiah merupakan Catur Dharma Perguruan tinggi di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah As Salafiyah (STISA) Sumber Duko Pamekasan, sebagai pilar tugas perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan.


Kampus yang identik dengan biru toska ini, sedang melaksanakan tugas pengabdian di masyarakat ke sejumlah desa dengan menerjunkan mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perdana, jajaran tenaga pendidik (Dosen), serta struktural termasuk Pimpinan STISA.


Kegaitan KKN STISA perdana ini, menyasar pada pemberdayaan masyarakat, utamanya memajukan SDM, kesadaran hukum di masyarakat, perekonomian masayarakat menengah ke bawah, serta masalah-masalah lain yang krusial bagi masyarakat di desa. Misi pengabdian inipun direspon sangat baik oleh peserta KKN (Mahasiswa STISA) yang sudah diberangkatkan sejak Juni lalu.


Terbukti, kegiatan mahasiswa KKN Mandiri STISA sangat inovatif, dan dinamis serta terbilang tepat sasaran. Salah satunya, KKN Posko 1 yang ada di Tampojung Pregi, menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan Tanah Wakaf yang memiliki potensi besar membantu perekonomian masyarakat, namun hampir dilupakan, utamanya bagi masyarakat di pedasaan.


Tak hanya nadzir, tokoh masyarakat, kepala sekolah dan sejumlah masyarakat Tampojung Pregi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua STISA Ali Makki, M.Pd.I., Pembantu Ketua III, Syamsul Arifin, M.H., kepala LP2MDI STISA, Moh. Sa’i Affan, S.Sy., M.H., Sekretaris Program Studi Hukum Keluarga Islam, Mohamad Ali Fikri, M.Sy. Pejabat KUA Kecamatan Waru, H. Mudenar, S.THl, M.Pd., dan Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Lasan, S.H.I., M.HES.


Dalam sambutannya, Ketua STISA mengapresiasi sangat tinggi kepada mahasiswa peserta KKN atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan pemberdayaan tanah wakaf yang terbilang jarang sekali dijumpai di masyarakat. beliau sebut kegiatan tersebut inovatif, sustainable, dan menyentuh salah satu akar permasalahan di masyarakat, apabila potensi tanah wakaf terkelola dengan baik.


Tak luput, beliau terus berpesan kepada para mahasiswa agar tidak menghilangkan tradisi kebaikan yang lama dan melakukan inovasi yang berkelanjutan, istiqomah serta menjadi mahasiswa yang terus menebar kebaikan dan manfaat kepada masyarakat luas “baik sebagai printis, dan pelengkap kegiatan kebaikan di masyarakat”.


Lain halnya dengan di Tampojung Pregi, di desa Bujur Timur menyelenggarakan kegiatan cukup menghibur tapi serius menentaskan pengangguran di masyarakat dengan mengadakan kegiatan kewirausahaan.


Masyarakat yang memiliki usahan kecil, dikumpulkan oleh peserta KKN dan diberikan arahan berwirausaha. Agar potensi tersebut tidak hilang untuk membantu perekonomian masyarakat di desa Bujur Timur.


Kegiatan yang dihadiri langsung oleh dosen STISA, Achmad Dlofirul Anam, S.H.I., M.H. ini difokuskan pada pembinaan, pendampingan manajemen pengelolaan dan pemberdayaan usaha masyarakat agar dapat bernilai ekonomis tinggi.


*MBA

Copyright 2017 || All Rights Reserved.
Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Assalafiyah (STISA)
Jl. Raya Waru No.34 Sumberduko Pakong Pamekasan Jawa Timur 69352
Telp: +62 819 349 60 710 Email: info@stisa.ac.id